Madrid – Real Madrid akan menghadapi Liverpool pada laga final Liga Champions musim ini. Berdasarkan catatan sejarah, Madrid berpeluang keluar sebagai juara dan meraih trofi ke-13 di Liga Champions.

Los Blancos melenggang ke final setelah menyingkirkan Bayern Munchen dengan agregat 4-3. Sementara itu, The Reds menembus partai puncak Liga Champions setelah memetik kemenangan agregat 7-6 atas AS Roma.

Duel kedua klub rencananya akan dihelat di NSC Olimpiyskiy Stadium, 26 Mei 2018. Bagi Real Madrid dan Liverpool, ini adalah pertemuan kedua pada partai final Piala/Liga Champions.

Dalam laga sebelumnya, Madrid dibuat tak berkutik ketika meladeni Liverpool. Pada pertandingan final yang dihelat di Parc des Princes, 27 Mei 1981, Los Blancos menyerah 0-1 dari skuat Si Merah.

Meski memiliki catatan minor saat menghadapi Liverpool pada partai puncak Piala/Liga Champions, Real Madrid kerap meraih hasil bagus ketika bersua klub yang sama dalam pertandingan final.

Dari tiga pertemuan terakhir kontra klub yang sama pada laga final Piala/Liga Champions, Madrid selalu keluar sebagai juara. Mereka sukses dua kali mengalahkan Stade de Reims, dua kali membungkam Atletico Madrid, dan dua kali mengalahkan Juventus.

Berbekal torehan tersebut, Real Madrid berpeluang mengalahkan Liverpool. Jika keluar sebagai juara, itu adalah trofi ke-13 Madrid di turnamen elite antarklub Eropa tersebut.

Meski begitu, sejarah bisa juga memihak kepada Liverpool. Sebab, dari delapan partai ulangan final Piala/Liga Champions terakhir, lima di antaranya berhasil dimenangkan klub yang memetik hasil positif pada laga pertama.