Menjadi pemain tertua kedua di tubuh Timnas Spanyol tak membuat seorang Andres Iniesta bermimpi kecil di Piala Dunia 2018. Andres Iniesta berhasil menembus 23 nama yang dipanggil oleh Julen Lopetegui untuk berangkat menuju Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bahkan, Iniesta berhasil menggeser nama gelandang besar seperti Cesc Fabregas (Chelsea) atau Javi Martinez (Bayern Muenchen). Padahal secara umur, hanya kiper Pepe Reina yang lebih tua dari Iniesta, yakni berusia 35 tahun atau satu tahun lebih tua.

Namun, bukan berarti Iniesta tak miliki kemampuan yang berada di bawah dua juniornya itu. Iniesta pun terlihat memiliki motivasi tinggi jelang berlaga di Rusia pada bulan Juni. Terlebih, sang pemain sangat puas dengan komposisi tim nasional Spanyol kali ini.

“Kami memiliki tim yang bagus, campuran yang baik dari orang-orang muda dan mereka yang memiliki lebih banyak pengalaman,” kata Iniesta dikutip BolaSport.com dari laman Marca. Andres Iniesta pun mengaku bahwa timnas Spanyol sudah melakukan introspeksi dan perbaikan jelang Piala Dunia 2018.

 “Kami akan pergi dengan banyak harapan, saya pikir kami memiliki dua peringatan di Kejuaraan Eropa dan di Brasil (Piala Dunia 2014) yang berarti bahwa kami memiliki kaki kami di tanah,” ujar Iniesta. “Kami akan selangkah demi selangkah melakukan hal yang benar kemudian kami akan berjuang untuk gelar,” ucap mantan kapten Barcelona ini.

Ya, timnas Spanyol memang gagal lolos fase grup di gelaran Piala Dunia 2014 Brasil serta tersingkir di babak 16 besar Euro 2016.

Hanya saja, tekad kuat Iniesta meraih gelar Piala Dunia tahun ini bisa memberikan warna berbeda bagi timnas Spanyol. Terlebih, ajang Piala Dunia 2018 digadang-gadang akan menjadi ajang internasional terakhir Iniesta bersama La Furia Roja.

Namun, laga Iniesta bersama timnas Spanyol diprediksi takkan mudah pada edisi Piala Dunia kali ini. Terlebih, anak asuhan Julen Lopetegui berada satu grup dengan timnas Argentina dan andalan Asia, Iran.