Empat tim yang melalui jalur play-off kualifikasi zona Eropa berhasil melewati fase penyisihan grup Piala Dunia 2018. Padahal beberapa tim yang tampil lolos langsung dari babak kualifikasi justru sudah gugur.

Fase penyisihan grup Piala Dunia 2018 sudah paripurna. Dua laga grup G, Inggris versus Belgia dan Panama kontra Tunisa, menjadi laga penutup babak tersebut. Sejumlah 16 tim sudah memastikan satu tempat di fase gugur.

Uruguay, Spanyol, Prancis, Kroasia, Brasil, Swedia, Belgia, dan Kolombia lolos sebagai pemuncak klasemen masing-masing grup. Sedangkan Jepang, Inggris, Meksiko, Swiss, Argentina, Denmark, Portugal, dan Rusia melaju sebagai runner up grup.

Dari 16 tim tersebut terdapat 4 tim Eropa yang sebelumnya harus bersusah payah untuk memastikan satu tiket berlaga di Rusia. Bahkan Kroasia menjadi juara grup mengalahkan unggulan juara Argentina, sementara Swedia menjadi juara grup di mana Jerman gagal lolos.

Adapun Swiss lolos sebagai runner up grup E dan Denmark runner up grup C. Fakta ini menarik karena tim dengan hasil paling sempurna di kualifikasi Eropa, Jerman, justru sudah angkat koper. Manuel Neuer dkk berhasil menyapu bersih 10 laga kualifikasi dengan kemenangan dan tidak ada tim yang mencatatkan hal serupa di Eropa.

Jerman juga menjadi tim terproduktif dengan 43 gol (bersama Belgia) sekaligus tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, 4 gol. Namun segala catatan cemerlang tersebut tak berarti apa-apa setelah Jerman finis sebagai juru kunci. Sementara itu, dua dari empat tim playoff tersebut sudah pasti lolos ke perempat final. Pasalnya, mereka bakal saling berhadapan di fase 16 besar, Kroasia melawan Denmark dan Swedia kontra Swiss.