Dengan susah payah, timnas Argentina akhirnya bisa memastikan diri lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018. Timnas Argentina sempat tampil tak meyakinkan pada dua laga awal babak grup.

Tim Tango ditahan imbang Islandia dan kalah telak dari Kroasia. Mereka kemudian memastikan diri lolos ke fase gugur setelah mengalahkan Nigeria pada laga terakhir babak grup. Perjuangan Argentina memang tak bisa dibilang mudah.

Tercatat, timnas Argentina adalah tim yang paling sering dilanggar lawan selama babak grup Piala Dunia 2018. Dari tiga laga, Argentina sudah 54 kali dilanggar oleh lawan. Artinya, rata-rata para pemain Argentina dilanggar 18 kali oleh lawan, jumlah yang tak sedikit.

Lionel Messi cs unggul dari Panama (48 kali dilanggar lawan), Portugal (46), Iran, Arab Saudi, dan Swedia (45). Namun sayang bagi Argentina, sejauh ini mereka hanya memperoleh satu tendangan penalti dari sejumlah pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Penalti itu juga gagal dikonversi menjadi gol oleh Lionel Messi saat kontra Islandia. Pada babak 16 besar nanti, Argentina akan berhadapan dengan Prancis yang tercatat 37 kali melanggar lawan. Andai tak hati-hati, pelanggaran dari lawan itu bisa berbuah fatal bagi Argentina, seperti pemain mereka bisa mendapatkan cedera.