Kiper Inggris, Jordan Pickford, menjadi bintang utama saat menghadapi Swedia di babak perempat final Piala Dunia 2018, Sabtu (7/7) malam tadi. Berkat aksinya, The Three Lions pun jauh dari kebobolan dan menang dengan skor 2-0.

Inggris tampil meyakinkan dan mulai mendominasi permainan sejak menit-menit awal pertandingan. Namun justru Swedia yang membuat peluang berbahaya lebih dulu melalui kaki Viktor Claesson dari luar kotak penalti di menit ke-13.

Perjuangan Inggris untuk mencuri keunggulan nyaris berbuah hasil pada enam menit setelahnya. Sayangnya, tembakan mendatar yang dilepaskan oleh sang kapten, Harry Kane, dari luar kotak penalti melebar sedikit di samping gawang.

Setelah saling jual beli serangan, Inggris akhirnya unggul melalui aksi sang bek, Harry Maguire. Pada menit ke-30, Sepak pojok yang dieksekusi oleh Ashley Young berhasil dikonversi dengan baik menjadi gol. 1-0 untuk keunggulan The Three Lions.

Inggris nyaris saja menambah keunggulan setelah sang penyerang, Raheem Sterling, tinggal berhadapan satu-lawan satu dengan kiper Swedia di menit ke-43. Tak beruntung, hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Sterling kembali berhadapan dengan Ruben Olsen beberapa saat sebelum jeda, dan kali ini ia lolos perangkap offside. Namun kesigapan Ruben Olsen membuat mengantisipasi pergerakan Sterling membuat Inggris kembali gagal menambah kedudukan.

Kedudukan bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir. Inggris masih unggul 1-0 atas Swedia.
Babak kedua dimulai, dan Swedia langsung mengancam gawang Inggris. Jordan Pickford selaku kiper Inggris pun harus melakukan penyelamatan gemilang demi menepis sundulan keras dari striker Swedia, Marcus Berg.

Berulang kali Swedia mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun Inggris justru berhasil menambah keunggulan. Umpan manis dari Jesse Lingard dengan mudah dikonversi menjadi gol oleh Dele Alli pada menit ke-59. 2-0.

Pickford Save! Usaha Swedia untuk memperkecil keadaan kembali kandas di tangan kiper Everton tersebut. Kali ini, ia sukses menepis tembakan dari Viktor Claesson di menit ke-62.
Lagi-lagi Pickford! Pria berumur 24 tahun itu kembali menjadi batu sandungan Swedia untuk mencetak gol. Tembakan keras dari Berg di menit ke-72 berhasil ia tepis dengan sempurna.

Setelah unggul dua gol, The Three Lions pun mulai mengendorkan serangan. Di sisa-sisa menit pertandingan, Inggris terus mencoba menambah keunggulan, namun tak ada peluang yang cukup berbahaya ke gawang Robin Olsen.

Peluit panjang dibunyikan, dengan kedudukan akhir 2-0 untuk Inggris. Dengan demikian, skuat asuhan Gareth Southgate itu menjadi tim ketiga yang mengisi slot tampil di babak semifinal.