Luka Modric tampil sensasional bersama Kroasia di Piala Dunia 2018 Rusia sejauh ini. Dia dua kali terpilih sebagai man of the match dari lima laga Kroasia, peran Modric juga krusial dalam permainan Kroasia secara keseluruhan.

Kamis (12/7) dini hari WIB nanti, Kroasia akan menghadapi Inggris di semifinal Piala Dunia. Modric akan sekali lagi menjadi harapan publik Kroasia, setidaknya untuk mengulangi penampilan terbaiknya. Jika terwujud, Kroasia percaya bisa menang.

Uniknya tidak hanya kawan yang memuji penampilan Modric, lawan pun demikian. Beberapa waktu lalu, Eric Dier terang-terangan memuji kualitas Modric, yang menurutnya adalah pemain paling berbahaya di Kroasia dan patut diwaspadai.

Pula, pujian senada disampaikan langsung oleh Davor Suker, legenda Kroasia. Baginya Modric telah melakukan tugas sempurna sebagai kapten, dan karenanya sangat layak meraihi penghargaan pemain terbaik di Piala Dunia, juga Ballon d’Or.

“Kapten saya melakukan tugas luar biasa di ruang ganti. Dia adalah panutan di dalam dan dia luar lapangan untuk semua anak-anak, tidak hanya di Kroasia,” ujar Suker di fourfourtwo.

“Jika saya punya suara (di Ballon d’Or), saya akan memilih Luka.”
Baginya, Modric dan seluruh pemain Kroasia lain sudah melakukan pekerjaan hebat untuk sampai di Piala Dunia. Suker memuji ketangguhan mental dan dedikasi mereka, yang juga membentuk kualitas tiap pemain.

“Yang pertama dan terutama, kualitas. Dan persiapan fisik. Jika seorang pemain tidak dalam kondisi fisik yang bagus, dia tidak akan bermain di Piala Dunia,” imbuh dia.

Terlebih, saat ini seluruh warga Kroasia siap memberikan dukungan maksimal bagi timnas mereka di Piala Dunia. Suker menyebut sepak bola adalah sesuatu yang spesial di negara itu. “Hanya sepak bola yang bisa membuat semua warga Kroasia turun ke jalan. Sepak bola itu suci.”